PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN SAINS MENGENAL KONSEP BERAT-RINGAN PADA ANAK KELOMPOK B

  • RIFATIN AFIYAH NOVIANI
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap kemampuan sains mengenal konsep berat-ringan pada Anak Kelompok di TK RW XIII Gubeng Kertajaya Surabaya. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di TK RW XIII Gubeng Kertajaya Surabaya yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung lebih kecil dari pada Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=14 dengan taraf signifikan 5% adalah senilai 21, maka Thitung < Ttabel (0< 21). Berdasarkan olah data maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran proyek berpengaruh terhadap kemampuan sains mengenal konsep berat-ringan pada anak kelompok B TK RW XIII Gubeng Kertajaya Surabaya.

Kata kunci: sains berat-ringan, pembelajaran proyek







Published
2018-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 31