MODIFIKASI PERMAINAN BOWLING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KATA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI JAMPES NGANJUK

  • wiranti aprilinda diyah permata
  • NUR IKA SARI RAKHMAWATI

Abstract

Pengenalan kata merupakan bagian dari penguasaan bahasa, dalam aspek perkembangan bahasa tentang standar tingkat pencapaian perkembangan mengenal kata termasuk sebagai tingkat pencapaian mengungkapkan bahasa yang sangat penting dikembangkan karena penguasaan kata dapat memperluas wawasannya tentang berbagai macam hal baru. Kenyataannya, kondisi yang ada menunjukkan bahwa dari jumlah 47 anak di TK Pertiwi Jampes Pace Nganjuk pengenalan kata masih rendah dan perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan bowling terhadap kemampuan mengenal kata pada anak kelompok B di TK Pertiwi Jampes Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design dan desain penelitian One-Group Pretest – Posttest. Sasaran dalam penelitian ini adalah 47 anak yang terdiri dari 22 anak laki-laki dan 25 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penggunaan modifikasi permainan bowling yang digunakan dalam pengenalan kata dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Materi yang digunakan pada saat pretest dan posttest serta perlakuan adalah menyusun huruf-huruf menjadi kata, menghubungkan kata yang memiliki arti, menyebutkan kata yang memiliki arti. Analisis data menggunakan statistik SPSS yang melalui beberapa tahap yaitu deskriptif, validitas reliabilitas memperolah hasil pretest r hitung > r tabel (0,287) dan hasil perolehan posttest r hitung > r tabel (0,287), uji normalitas memperoleh data Ha menolak Ho sehingga dinyatakan tidak berdistribusi normal, uji hipotesis. Jika z hitung > z tabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antar dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum perlakuan 2,53, sedangkan hasil penelitian rata-rata setelah perlakuan 3,74. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan z hitung adalah (-6,005) dan z tabel (-1,96) dengan taraf signifikan 5% (0,05). Dimana z hitung > z tabel yaitu (-6,005) ˂ (-1,96), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh modifikasi permainan bowling terhadap kemampuan mengenal kata pada anak kelompok B.

Kata kunci : permainan bowling modifikasi, kemampuan mengenal kata

Word recognition is part of language acquisition. In the language development aspect of the standard level of achievement the development of word recognition includes as the level of achievement reveals a very important language developed because the mastery of the word can broaden his horizons about various things new. In fact, the existing conditions indicate that of the number of 47 children in TK Pertiwi Jampes Pace Nganjuk the word recognition is still low and needs to be improved. The purpose of this research is to know the effect of bowling game modification on the ability to recognize the word in child group B in TK Pertiwi Jampes Nganjuk. This research uses quantitative research approach with Pre Experimental Design and One-Group Pretest-Posttest research design. Subjects in this study were 47 children consisting of 22 boys and 25 girls. Data collection techniques used are observation and documentation. The use of bowling game modification used in word recognition was done 3 times. The material used at the time of pretest and posttest and treatment is to arrange the letters into a word. Data analysis using SPSS statistic through several stages of descriptive, validity of reliability obtained pretest r calculation> r table (0,287) and result of posttest calculation r count> r table (0,287), normality test get data Ha reject Ho so expressed no normal distribution , hypothesis testing. If z arithmetic> z table then the results of this study significant influence between two variables. Based on the results of the average research before treatment 2.53, while the average research after treatment 3,74. Wilcoxon test results showed z arithmetic is (-6.005) and z table (-1.96) with a significant level of 5% (0.05). Where z arithmetic> z table that is (-6.005) ˂ (-1.96), so Ho is rejected and Ha accepted. The conclusions of the study indicate that there is a significant effect of bowling game modification on the ability to recognize the word in child group B.

Keywords : bowling game modification, word recognition ability

Published
2018-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 369