PENGARUH BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK HARVARD PRE SCHOOL KEBOMAS GRESIK

  • Tawaduddin Nawafilaty

Abstract

Early childhood is the individual who is undergoing the process of growth and development isvery rapid and often said to be the golden age (golden age) is the age of a very worthy than the next age.In accordance with the author's observation in Harvard Pre School Kindergarten Kebomas especiallyGresik group B, the authors there are some childern who have aggressive attitude, habits in choosingfriends, quipping their friends, mocking their friends, and gender antagonism. Meanwhile, the 5-6 yearsold children are expected to cooperate with their friends. Based on this problem, the research problem is“Is there any significant effect of puzzle for the B group children’s social behavior at Harvard Pre Schoolkindergarten Kebomas Gresik ?”The expected goal of this study was to examine the influence of Social Behavior Play PuzzleKids Terhadapan Group B At Harvard Pre School Kindergarten Kebomas Gresik. The design of thisresearch study Pre Experimental Design with type one group pre-test and post-test design. The subjectsused were the number of children in group B with 24 children. Data collection methods used wereobservation and documentation of the data analysis techniques using Wilcoxon test levels markedBased on the results of research on the effects of playing puzzle on social behavior of youngchildren the difference obtained before and after treatment are given a puzzle and Analysis techniqueused is Wilcoxon Match Pairs Rank Test. Besed on the analysis, Tcount<Ttable (0<81), therefore Ho isrejected and Ha is accepted. Therefore, the hypothesis of the research “there is a significabt effect ofplaying puzzles for B group children’s social behavior at Harvard Pre School Kindergarten KebomasGresik” is be accepted.

Keyword : Playing puzzle, Social behavior.

Abstrak

Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yangsangat pesat bahkan sering dikatakan sebagai golden age (masa emas) yaitu usia yang sangat berharga dibandingusia selanjutnya. Sesuai dengan pengamatan penulis di TK Harvard Pre School Kebomas Gresik khususnyakelompok B, penulis menemukan fenomena anak yang berperilaku agresif, geng atau memilih-milih teman,suka menyendiri, suka mengejek, dan antagonis kelamin. Padahal anak pada usia 5-6 tahun diharapkan sudahdapat bekerja sama dengan teman-temannya. Melihat dari permasalahn tersebut maka dapat dirumuskanpermasalahan “Adakah Pengaruh Bermain PuzzleI Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelompok B Di TK HarvardPre School Kebomas Gresik ?.Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Bermain Puzzle TerhadapanPerilaku Sosial Anak Kelompok B Di TK Harvard Pre School Kebomas Gresik. Penelitian ini menggunakandesain penelitian Pre Eksperimental Design dengan jenis one group pre-test and post test design. Subyek yangdigunakan adalah anak kelompok B dengan jumlah 24 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data mengunakan uji jenjang bertanda wilcoxon.Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh bermain puzzle terhadap perilaku sosial anak diperolehperbedaan anak dari sebelum dan sesudah diberikan treatment bermain puzzle dan setelah dianalisis dengantabel penolong uji tanda wilcoxon diperoleh Thitung< Ttabel (0<81), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengandemikian, hipotesis penelitian yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan bermain puzzle terhadap perilakusosial anak di TK Harvard Pre School Kebomas Gresik” telah terbukti.

Kata kunci : Bermain puzzle, Perilaku Sosial.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 282