PENGARUH MEDIA KELERENG WADAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 10-20 DI TK KARYA BHAKTI KECAMATAN TANDES KOTA SURABAYA

  • AYU DIA PURNAMASARI SUBAGIO
  • RACHMA HASIBUAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak mengenal konsep bilangan 10-20. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata awal 5,2 dan meningkat menjadi rata-rata 7. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan bahwa thitung=0 lebih kecil dari ttabel dengan taraf signifikan 5% dan N= 25 diperoleh Ztabel sebesar 4.2 (thitung<ttabel=0<89). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kelereng wadah terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 10-20 kelompok B di TK Karya Bhakti Kecamatan Tandes Kota Surabaya.

Kata Kunci: Kelereng Wadah, kemampuan mengenal lambang bilangan 10-20





Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 408