PENGARUH MEDIA PASIR, PAPAN DAN CETAKAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • LUSTANTIANI VENTORA
  • MASUDAH

Abstract

Penelitian pre eksperimental design ini bertujuan untuk membuktikan apakah media pasir, papan dan cetakan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 Tahun di TK Labschool Universitas Negeri Surabaya. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon match pair test dengan menggunakan tabel penolong Wilcoxon Match Pair Test. Dari hasil pengolahan data diperoleh Thitung = 0, sedangkan Ttabel dengan subjek 20 anak dengan taraf signifikan 5%. Dari jumlah angka diperoleh dari Ttabel berjumlah 52 berarti Thitung < Ttabel (0 < 53), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pasir, papan dan cetakan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di TK Labschool Universitas Negeri Surabaya.

Kata Kunci: geometri, pasir, papan dan cetakan



Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 29