PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK ASYAADAH SURABAYA

  • Zahrotul Wardha
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Kemampuan berbicara mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kemampuan berbicara anak akan dapat menyampaikan ide, pikiran, gagasan, dan perasaannya kepada orang lain. Kemampuan berbicara perlu dioptimalkan dan dikuasai anak dengan baik, agar anak mampu berkomunikasi dengan baik dan benar dan juga dapat mengembangkan kemampuan intelektual dan kemampuan dasar anak sebagai bekal pendidikan selanjutnya. Sehingga dalam penelitian ini menerapkan metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmetode Bermain Peran terhadap kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok B di TK Asya’adah Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Asy’adah Surabaya yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil analisis data dengan menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Test menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK Asya’adah Surabaya.




Published
2018-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 27