Pengaruh Model Pembelajaran Multisensori Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik

  • DITA SEPTIANA DEWI
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Kemampuan keaksaraan meliputi kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan keaksaraan perlu dioptimalkan dan dikuasai anak dengan baik, agar anak mampu membaca dan menulis dengan baik dan benar. Di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik anak usia 5-6 tahun kemampuan keaksaraan anak masih rendah. Sehingga dalam penelitian ini menerapkan model pembelajaran multisensori, dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran multisensori terhadap kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pre-Eksperimental dengan jenis One Grup Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data dengan menggunakan uji jenjang Wilcoxon Match Pairs Test dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran multisensori terhadap kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Krikilan III Driyorejo Gresik.








Published
2018-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 76