Penerapan Pembelajaran Mewarnai Gambar Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Hidayatus Shibyan

  • Shofiyah Shofiyah

Abstract

This research belongs to low ability of fine motor in Student Group B of TK HidayatusShibyan. There are 30% from 20 students who come or just 6 students who can finish theircoloring picture assignment well. Others are 70% or 14 students in group B still cannot hold thecrayon and pencil color well. So, the result of coloring picture assignment is not full and belongsto out from the line. This problem is caused by the learning activity in TK Hidayatus Shibyan isemphasized for students without implementation of pra – school system which teaches writingalphabet directly without paying attention in maturity of the students.The purpose of this research is to know whether using implementation of coloring picturecan improve fine motor of Students Group B in TK Hidayatus Shibyan. This research uses actionclass research which is held in TK Hidayatus Syibhan. There are two steps which are held in twomeetings in 30 minutes of each. The data is collected using observation in 20 students, 10 maleand 20 female.

Key Word: coloring picture, fine motor ability

Abstrak

Latar belakang rendahnya kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TKHidayatus Shibyan, teridentifikasi hanya sekitar 30% dari anak didik 20 yang hadir atau hanyasekitar 6 orang anak didik, yang mampu menyelesaikan tugas mewarnainya dengan baik.Sedangkan sekitar 70% atau 14 orang anak didik kelompok B, yang masih belum mampumemegang krayon atau pensil warna dengan baik. Sehingga hasil mewarnai anak tidak penuh dancenderung keluar dari batas. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang terjadi di TKHidayatus Shibyan tersebut cenderung memberi penekanan pada anak usia dini, yang berupasistem pra-sekolah yang mengajarkan menulis abjad langsung tanpa menunggu kematangan anak,sehingga menimbulkan keengganan pada anak.Tujuan utama dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah dengan penerapanmewarnai gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TKHidayatus Shibyan Surabaya.. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yangdilakukan di TK Hidayatus Shibyan Surabaya dengan 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakanmelalui 2 kali pertemuan selama 30 menit, di mana subyek penelitiannya berjumlah 20 anak yangterdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan metode pengumpulan data yangmenggunakan metode observasi.

Kata kunci: mewarnai gambar, kemampuan motorik halus

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 3101