PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM MUTIARA SURABAYA

  • Siti Asiyah

Abstract

Application of number card media is hoped can improve of knowing number concept ability for children in teaching process with the result that saturation doesn’t occur in the teaching process, hence the child will join physically, emotionally, and intellectually that is that in turn is expected to the concept being taught by teachers can be understood by children. In this study can be formulated the problem as follows: (1) How does the activity of the teachers in the use of the card number on the introduction of the concept of numbers in children group A Islam Mutiara Kindergarten Surabaya?. (2) How does cognitive ability in getting to know the concept of numbers in group A Islam Mutiara kindergarten Surabaya? (3) What is the use of card numbers may increase cognitive ability in the familiar concept of numbers in the group A Islam Mutiara kindergarten Surabaya?. Whereas the aim of this study are: (1) to describe teacher activities in the use of the card number on the introduction of the concept of numbers in the children of group A Islam Mutiara kindergarten Surabaya, (2) to know cognitive ability in getting the concept of numbers in group A Islam Mutiara kindergarten Surabaya, and (3) to describe the result of using of card numbers in increasing cognitive ability in the concept of numbers in group A Islam Mutiara kindergarten Surabaya. This study is an action research (classroom action research) that included two cycles. Performed sequentially is each cycle consisting of four phases: planning, action and observation, reflection and revision. Based on data analysis and discussion, the obtained results that the application of introduction concept of numbers using card increasing the children cognitive ability in the first cycle by 73% and the second cycle results achieved by 93%. Behavior that indicated the child was changed after the given action. Children are happy and enthusiastic in participating in teaching activities as well as more active. Thus it can be concluded that the application of card number improved cognitive ability in knowing concept of numbers in the children group A Islam Mutiara kindergarten Surabaya.

Keyword: Card numbers, knowing concepts of numbers

Abstrak

Penggunaan media kartu angka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian anak akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh anak.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam penggunaan kartu angka pada pengenalan konsep bilangan pada anak kelompok A TK Islam Mutiara Surabaya ?. (2) Bagaimanakah kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Islam Mutiara Surabaya ?. (3) Apakah penggunaan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam2mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Islam Mutiara Surabaya ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan aktivitas guru dalam penggunaan media kartu pada pengenalan konsep bilangan pada anak kelompok A TK Islam Mutiara Surabaya. (2) Untuk mengetahui kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Islam Mutiara Surabaya. (3) Untuk menganalisis apakah penggunaan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Islam Mutiara Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa penerapan pengenalan konsep bilangan melalui media kartu angka mengalami peningkatan kemampuan kognitif anak pada siklus I sebesar 73% dan siklus II hasil yang di capai sebesar 93%. Perilaku yang ditunjukkkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin aktif. Sehingga dapat di simpulkan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak Kelompok A TK Islam Mutiara Surabaya.

Kata Kunci : media kartu angka, mengenal konsep bilangan

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 323
PDF Downloads: 538