PENGARUH KEGIATAN MELUKIS BERMEDIA CHALK PASTEL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK RADEN PATAH SURABAYA

  • FEBRI ARISSA PUTRI
  • MASUDAH

Abstract

Abstrak

Pendekatan penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh kegiatan melukis bermedia chalk pastel terhadap motorik halus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi dengan sampel 40 anak dibagi menjadi dua kelas yakni kelas eksperimen A2 dan kelas kontrol A1 dengan item penilaian cara memegang, mengkoordinasi antara mata dan tangan serta bentuk pola yang dihasilkan dalam kegiatan melukis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan melukis bermedia chalk pastel dengan Teknik analisis data menggunakan uji validasi, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan hipotesis (T-test) dan bantuan SPSS versi 25. Hasil perhitungan uji t-test Sg. (2-tailed) diperoleh hasil 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau terdapat perbedaan yang bermakna antara hasil belajar kelas eksperimen A2 dengan kelas kontrol A1artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan melukis bermedia chalk pastel terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Raden Patah Surabaya.

x

Kata Kunci : Motorik halus, Melukis, Chalk Pastel









Published
2018-08-20
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 42