PENINGKATAN KEMAMPUAN BEREKSPRESI MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN AL-WAHYU

  • Nuna Safa’atun

Abstract

Berekspresi melalui media adalah kemampuan menggungkapkan emosi melalui bantuan suatu gambar, belajar berekspresi melalui media memungkinkan anak akan bisa menirukan sesuai dengan kompetensi dan hasil belajar yang ingin dicapai dalam pengembangan emosi. Kelompok Bermain adalah masa pra operasional yang memerlukan tuntunan gambar bagi perkembangan selanjutnya. Media kartu bergambar adalah merupakan salah satu jenis media grafis atau alat bantu pembelajaran yang mengkombinasikan fakta-fakta gagasan secara jelas melalui sebuah potongan kertas yang berwujud atau nyata untuk digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan pesan serta mendorong anak belajar dalam rangka memperlancar proses belajar mengajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media kartu bergambar terhadap kemampuan berekspresi bagi anak di Kelompok Bermain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah „‟Bagaimana peningkatan kemampuan berekspresi melalui media kartu bergambar pada anak di kelompok bermain al-wahyu?‟‟ Penelitian ini dilakukan pada anak Kelompok Bermain Al-Wahyu yang mengalami kesulitan dalam berekspresi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian tindakan model Kemmis (1988). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi . Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus.Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berekspresi. Skor kemampuan berekspresi ditunjukkan dari hasil penelitian berdasarkan siklus-siklus ditemukan siklus II > siklus I, siklus II kemampuan berekspresi meningkat sebesar 64 % sedangkan siklus I sebesar 53 %. Berdasarkan temuan penelitian dan kesimpulan dalam upaya meningkatkan kemampuan berekspresi anak tergantung pada kreativitas dan inovasi yang dilakukan secara berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kata Kunci : Berekspresi, Melalui Media Kartu Bergambar

Abstract

Expressing something through media is the skill to express emotion through pictures. Learning to express something throughh media enables the children to imitate something based on expected learning competence and study result. Play group is preoperational period which needs pictures as guidance for the next development stage. Pictorial card is a graphics media or learning media which combine the facts through piece of paper clearly. It is used to deliver the message and support the children to learn. Therefore, their learning process will run easily.This research aims to know the effect of pictorial cards for the children's expressive skill at playgroup. The research problem in this research is "How is the improvement of children's expressive skill through pictorial cards at Al-Wahyu Playgroup?". The subjects of this research are the children at Al-Wahyu playgroup who get difficulties in expressing something. This research is a classroom action research by using Kemmis classroom action research design (1998). The data collecting methods are observation and documentation.The data analysis technique is reflective analysis based on the cycles. Based on the findings, there is an improvement of the expressive skill. The score of expressive skill is improved. The result in the second cycle is higher than the first cycle. It is 64% in the second cycle and it is 53% in the second cycle. Based on the result, it can be concluded that improving children's expressive skill depends on the continued creativity and innovation to make the satisfied result.

Keywords : expressing something, through pictorial cards.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 305