MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP POLA MELALUI MEDIA EVA FOAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KHADIJAH II SURABAYA

  • ESTARI DWI INDAH ARIANI

Abstract

Kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 adalah kecakapan, ketangkasan, bakat, kesanggupan daya pikir dalam memahami sistem matematika yang abstrak dari urutan 1-10. Apabila kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 tersebut mengalami hambatan maka akan menghambat kemampuan dalam berhitung. Anak kelompok A adalah anak yang berusia 4-5 tahun yang harus diperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya. Anak yang mengalami kesulitan pada kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menyebabkan anak tidak bisa memahami bilangan.Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A di TK Al Machmud Jombang dengan menggunakan permainan meronce”?.Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A TK Al Machmud yang mengalami kesulitan dalam kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Oleh karena itu dibutuhkan latihan yang lebih untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dan latihan tersebut diberikan melalui permainan meronce. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari desain penelitian Hopkins (Tim PGSM, 1999:48). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan perubahan tindakan melalui permainan meronce dalam memperbaiki kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Al Machmud yang ditunjukkan dalam siklus II > I. Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 siklus II meningkat sebesar 39.3% sedangkan siklus I meningkat sebesar 18.6%.

Katakunci: Kemampuan kognitif, mengenal konsep bilangan, permainan meronce

Abstract

Cognitive ability in recognizing the concept of numbers 1-10 are skill, dexterity, talent, ability to understand the power of thought in the abstract mathematical system of the order of 1-10. If the ability to know the concept of numbers 1-10 have obstacles that would hinder the ability to count. A group of children were 4-5 years old children to be aware of its growth and development. Children who have difficulty in the ability to know the concept of numbers 1-10 cause children could not understand the numbers.The problems of this study "How to improve cognitive abilities in recognizing the concept of numbers 1-10 A group of children in kindergarten Al Machmud Jombang using meronce game"?. The research was conducted on a group of kindergarten children Al Machmud who have difficulty in the ability to know the concept of numbers 1-10. Therefore it takes more practice to improve the ability to know the concept of numbers and training is given through meronce game. This study uses classroom action research with design research study design was adapted from Hopkins (Team PGSM, 1999:48). Methods of data collection in this study is the observation and documentation. Analysis of the data in this study was to describe the changes in action through the game meronce in improving cognitive ability in recognizing the concept of numbers 1-10 children. Analysis of the data used in this study is based on analysis of reflection cycles.From the findings of the study showed an increase in cognitive ability in recognizing the concept of numbers 1-10 A group of kindergarten children Al Machmud shown in cycle II> I. Ability to know the concept of numbers 1-10 second cycle increased by 39.8% while the first cycle increased by 18.6%.

Keywords: cognitive ability, the concept of numbers, the game meronce

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 29