MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS PADA KELOMPOK B TK WIDYA MERTI SURABAYASusi IrianiPRODI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINIFAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • susi iriani

Abstract

Kegiatan menggunting pada hakikatnya adalah aktivitas untuk mengembangkan motorik halus pada diri individu, perubahan motorik halus berkembang karena adanya usaha individu yang bersangkutan baik yang mencakup latihan secara rutin dan aktifitas yang sesuai kemampuan dan perkembangan anak. Pada umumnya anak TK masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan motorik halus, dan secara khusus kondisi tersebut salah satunya pengaruh dari rendahnya kreativitas guru dalam menentukan strategi pembelajaran kepada anak.Dalam penelitian ini dapat di rumuskan masalah sebagai berikut : 1) Apakah ada peningkatan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menggunting dengan menggunakan media bahan bekas pada anak kelompok B TK Widya Merti ?. 2) Bagaimana pelaksanaan menggunakan media bahan belas melalui kegiatan menggunting dalam meningkatkan motorik halus anak pada kelompok B TK Widya Merti ?. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus dalam kegiatan menggunting dengan menggunakan bahan bekas pada anak kelompok B TK Widya Merti, 2) untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media bahan bekas dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada kelompok B TK Widya Merti.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang meliputi dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berurutan yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi di kelas.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan perubahan tindakan melalui media bahan bekas dalam memperbaiki dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B. analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan kegiatan menggunting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan pada siklus I sebesar 61% dan siklus II sebesar 83%.

Kata kunci: menggunting, peningkatan motorik halus, bahan bekas.

Abstract

The fact is that cutting out activities are to develop fine motor on the individual, developing fine motor changes due to the efforts of the individual concerned whether that includes exercises on a regular basis and the appropriate capabilities and activities child development. Generally the children in kindergarten still have difficulty in developing fine motor and in particular the condition of one of them the influence of the low teacher’s creativity in defining the strategies of learning to the child.2In this research can deduce the problem as follows: 1) is there a child's fine motor skills improvement in the activity of cutting out using media ex-materials on Group B TK Widya Merti?. 2) How is the implementation of the ex-materials media through cutting out activities to improve children’s fine motor on Group B TK Widya Merti?. Whereas the purposes of this research are 1) to find out whether there are increased fine motor skills in cutting out using materials on Group B TK Widya Merti, 2) for describing implementation using ex-materials media that improve fine motor skills at Group B TK Widya Merti.This research is a research action class (classroom action research) which includes two cycles. Each cycle is carried out in a sequence that consists of four stages, namely: 1) planning, 2) action, 3) observation and 4) reflection. Research Data collected through observation in the classroom.Data analysis in this research is done to describe the change actions through the cutting out using ex-materials media in repairing and improving fine motor skills group B. Data analysis is used in the study is the analysis of the reflection based on cycle-cycle. From the findings of the research, it is shown that teacher’s activities in managing the cutting-out activities to improve fine motor skills to the children are very well. It can be proved by the existence of the make-up at cycle I increased by 61% and cycle II increased by 83%.

Key words: cutting out, fine motor improvement, ex-materials.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 421
PDF Downloads: 1160