PENGARUH PERMAINAN MAZE MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI II KALIANYAR NGRONGGOT NGANJUK

  • ANINGRUM DWI CHARUNIA
  • SRI SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Anak usia dini merupakan masa keemasan (the golden age), namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia. Tujuan dari penelitian ini yakni melihat pengaruh permainan maze modifikasi terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada anak kelompok A TK Pertiwi II Kalianyar Ngronggot Nganjuk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni perkembangan kemampuan bahasa. Bahasa sebagai aspek penting dalam setiap kehidupan manusia. Selain itu teori mengenal huruf vokal dan teori bermain dengan belajar juga digunakan untuk penelitian ini. Sedangkan metode penelitian ini yakni dengan metode kuantitatif dengan Uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini yakni bahwa ada pengaruh antara permainan maze modifikasi terhadap kemampuan mengenal huruf vokal. Dalam hal ini hipotesisnya diterima. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil daripada Ttabel dengan taraf signifikansi 95% jumlah N24=81 dilihat dari tabel harga kritis yang menunjukkan bahwa Thitung< Ttabel (0<81). Dalam penelitian ini taraf kesalahan sebesar 5% dan keberhasilannya 95%.

Kata Kunci :Permainan maze modifikasi, Huruf vokal

Abstract

Early childhood is a golden age, but at the same time a very critical period in the stage of human development. The purpose of this study is to see the effect of modification maze game on the ability to recognize vowels in the group A TK Pertiwi II Kalianyar Ngronggot Nganjuk. The theory used in this study is the development of language skills. Language is an important aspect in every human life. In addition, the theory of recognizing vowels and playing theory with learning is also used for this study. While the method of this research is quantitative method with Wilcoxon Test. The result of this study is that there is an influence between the maze modification game on the ability to recognize vowels. In this case the hypothesis is accepted. The Wilcoxon test results show that Tcount = 0 is smaller than Ttable with a significance level of 95%, the number of N24 = 81 is seen from the critical price table which shows that T count <T table (0 <81). In this study the error rate was 5% and the success was 95%.

Keywords : Modification maze game, recognize vowels





Published
2018-09-10
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 54