PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 25 SIDOARJO

  • galuh asgani putri
  • NURUL KHOTIMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Sidoarjo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest. Sampel penelitian yang digunakan anak kelompok B1 yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data menggunakan tabel penolong wilcoxon macth pairs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung<Ttabel yaitu 0<89, dengan demikian hipotesis nol ditolak (H0) dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Sidoarjo.

Published
2018-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 52