IMPLEMENTASI TOILET TRAINING PADA ANAK KElOMPOK A DI TK-IT AT-TAQWA SURABAYA

  • WIDYA FANI TRIANA
  • MUHAMMAD REZA

Abstract

Pelaksanaan toilet training disekolah sangat penting bagi anak usia dini agar anak dapat melakukan proses buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di sekolah secara benar dan mandiri. Toilet training merupakan hal yang sangat rumit bagi anak, maka dari itu perlu motivasi dan dorongan yang tinggi dari guru. Dalam mengajarkan toilet training dibutuhkan metode atau cara yang tepat sehingga mudah dimengerti oleh anak. Penggunaan metode yang tepat akan mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengajarkan konsep toilet training pada anak. Kebiasaan baik dalam melakukan BAK maupun BAB yang dilakukan sejak dini akan dibawa sampai dewasa. Buruknya perilaku orangtua maupun guru dalam menerapkan toilet training terhadap anak tentu akan mempunyai dampak buruk baik secara jasmani maupun rohani. Sebaliknya apabila orangtua dan guru selalu mengajarkan proses toilet training dengan benar maka anak akan berhasil dalam masa pengajaran toilet training. Ini dibuktikan dari hasil penelitian di TK-IT At-Taqwa Surabaya menunjukan bahwa pelaksanaan program toilet training TK-IT At-Taqwa Surabaya sangat optimal dan tidak asal-asalan. Hal ini dapat dilihat dari pedoman toilet training yang digunakan, proses pengajaran toilet training, fasilitas yang digunakan, serta dengan adanya guru thaharah. Pelaksanaan program toilet training di TK-IT At-Taqwa sangat optimal sehingga menghasilkan anak kelompok A atau subyek penelitian memiliki kemampuan toilet training sangat baik. Dari kemampuan toilet training anak kelompok A yang sangat baik mampu membuat anak memiliki motivasi kemandirian yang tinggi.

Kata Kunci: Toilet training , Kelompok A
Published
2018-09-27
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 101