Dampak Bermain Smartphone pada Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun

  • VENTIN ROSA MIRANANDA
  • MALLEVI AGUSTIN NINGRUM

Abstract

Perubahan zaman yang terjadi tidak hanya secara fisik tetapi juga pada teknologi. Smartphone benda ajaib yang berisi aneka aplikasi dan program ini telah menjadi sahabat yang dekat bagi anak. Penggunaan smartphone tidak hanya sebagai media komunikasi antara orang tua dan anak, tetapi lebih kepada penyedia media untuk bermain games. selain itu, dalam sehari anak tersebut dapat memainkan smartphone lebih dari sekali. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak bermain smartphone pada interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi terus terang atau tersamar, wawancara pada orang tua dan guru, dokumentasi yaitu foto dan video. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil dari penelitian ini adalah interaksi sosial anak yang tidak dapat berinteraksi dengan baik, dalam kegiatan sehari-hari anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain smartphone dari pada bermain dengan teman, sebaiknya anak usia 5 tahun tidak menggunakan smartphone lebih dari dua jam dalam sehari. Dalam penelitian ini anak menggunakan smartphone lebih dari dua jam dan dalam sehari anak dapat bermain dua hingga tiga jam dalam sekali bermain smartphone, hal ini berdampak negatif pada interaksi sosial anak.

Kata kunci: Smartphone, Interaksi Sosial, Anak Usia Dini.

Published
2018-10-03
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 34