PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • PUTRI ANGGRAINI
  • MALLEVI AGUSTIN NINGRUM

Abstract

Multiple intelligences perlu digali dan ditumbuhkembangkan dengan cara memberi kesempatan kepada anak untuk mengembangkan secara optimal potensi-potensi yang dimiliki atas upayanya sendiri. Pengembangan media roda putar dirancang berdasarkan prinsip media pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan menarik. Metode penelitian menggunakan Research and Development Borg and Gall. Uji dilakukan pada 5 lembaga yaitu pada TK Islam Terpadu Nada Ashobah, TK Islam Darul Fatah, TK Alif, TK Bina Tunas Bangsa, TK Kuncup Lestari. Respon anak terhadap media roda putar yaitu anak sangat senang, antusias dan tertib saat bermain dengan media roda putar, karena penggunaan media roda putar masih jarang digunakan di lembaga TK. Hasil uji validasi produk dengan ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil nilai rata-rata 87,5% dari ahli materi dan nilai rata-rata 85% dari ahli media. Data uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov spss 22. Hasil dari uji normalitas kolmogorov smirnov diperoleh data berdistribusi tidak normal sehingga dilanjutkan menggunakan uji wilcoxon. TK Islam Terpadu Nada Ashobah setelah dihitung menggunakan uji wilcoxon diperoleh data Thitung < Ttabel (0<29). TK Islam Darul Fatah Thitung < Ttabel (0<46). TK Alif Thitung < Ttabel (0<17). TK Bina Tunas Bangsa Thitung < Ttabel (0<25). TK Kuncup Lestari Thitung < Ttabel (0<25). Pengambilan keputusan adalah Ho ditolak Ha diterima. Kesimpulannya adalah bahwa media roda putar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.

Kata Kunci: bentuk geometri, media roda putar, multiple intellegences











Published
2018-10-22
Section
Articles
Abstract Views: 897
PDF Downloads: 3667