PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMEDIA PICTURE CLAMP TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI TK RAUDLOTUL JANNAH SIDOARJO

  • AYU DIAN RATNASARI
  • RUQOYYAH FITRI

Abstract

Permasalahan konsep bilangan anak usia dini disebabkanrendahnya kemampuan pemahaman konsep bilangan dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak menggunakan media pembelajaran melainkan lembar kerja anak.Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran sentra bermedia picture clamp terhadap kemampuanmengenal konsep bilangan kelompok A di TK Raudlotul Jannah Sidoarjo. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Raudlotul Jannah Sidoarjo yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tabel wilcoxon match pairs testdengan hasilAsymp.sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 dan menunjukkan bahwaHa diterima.Hasil penelitian ini disimpulkanbahwa adanya pengaruh model pembelajaran sentra bermedia picture clamp terhadap kemampuanmengenal konsep bilangan kelompok A di TK Raudlotul Jannah Sidoarjo.

Kata kunci :Anak usia dini, Konsep bilangan, Model pembelajaran sentra bermedia picture clamp









Published
2018-10-22
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 77