PENGARUH MEDIA PLAYDOUGH BERGRADASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA 2 SURABAYA

  • DIAH TRIWULANDARI
  • SRI SETYOWATI

Abstract

Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media playdough bergradasi terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK ABA 2 Surabaya. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK ABA 2 Surabaya yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan menggunakan tabel penolong wilcoxon match pairs test dan data yang diperoleh adalah diperoleh t hitung = 0 sedangkan t tabel dengan N=25 dengan tarif signifikan 5% (0,05) adalah 0.89. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung = 0 lebih kecil daripada t tabel= 0,89 dan hasil keputusannya yaitu: Ha diterima karena t hitung < t tabel (0<0,0,89) Ho ditolak karena t hitung >t tabel (0>0,89). Simpulannya adalah media playdough bergradasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A1 di TK ABA 2 Surabaya.

Kata kunci : Media playdough bergradasi, mengenal lambang bilangan






Published
2018-11-02
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 111