PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH MERAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK ARATISARI SURABAYA

  • RACHMAWATI PUTRI UTAMI
  • SRI SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh bermain playdough merah terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Aratisari Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian true eksperimental design, jenis eksperimen semu (quasi eksperimen design) dimana kelompok eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji beda (t-test). Hasil analisis uji beda (t-test) menggunakan SPSS 23 yang dapat diketahui nilai signifikasi (p-value) = 0,000 < 5% ini berarti bahwa H1 ditolak atau terdapat perbedaan yang bermakna antara hasil kelompok eksperimen A1 dengan kelompok kontrol A2, maka dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak artinya terdapat pengaruh bermain playdough merah terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Aratisari Surabaya.

Kata Kunci: Bermain Playdough Merah, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan.

Published
2018-11-08
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 140