PENGARUH MEDIA KOBOKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA DANDONG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR

  • DEWI AYU WULANDARI
  • NURUL KHOTIMAH

Abstract

Abstrak

Penelitian Pre-Eksperimental design dengan jenis One Group Pretest-Posttest ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media KOBOKA terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar yang berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=11 dengan taraf signifikan 5% sebesar 11, maka (0<11). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media KOBOKA terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.

Kata Kunci: media KOBOKA, kemampuan mengenal konsep bilangan

Published
2018-11-15
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 17