PENGARUH KEGIATAN DOODLE ART MELALUI METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 16 WOTAN PANCENG GRESIK

  • ZULI PUSPITA SARI
  • RUQOYYAH FITRI

Abstract

Rendahnya kemampuan motorik halus anak disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang terlalu fokus pada pembelajaran calistung. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kegiatan doodle art melalui metode demonstrasi terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah 16 Wotan Panceng Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental dan desain penelitian One grup pretest posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah 16 Wotan dengan jumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda wilcoxon dengan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan adanya hasil yang lebih baik pada posttest sesudah diberi pembelajaran doodle art melalui metode demonstrasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada kegiatan doodle art melalui metode demonstrasi terhadap motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah 16 Wotan Panceng Gresik. Penelitian ini memberikan ide efisien tentang cara melakukan kegiatan doodle art melalui metode demonstrasi di taman kanak-kanak yang dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini.

Kata kunci: doodle art, motorik halus, dan metode demostrasi.





Published
2018-11-23
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 573