EFEKTIVITAS KEGIATAN MENGGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA PRIMER PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GOTONG ROYONG KECAMATAN GENTENG SURABAYA

  • DEWI KARTIKA
  • RUQOYYAH FITRI

Abstract

Permasalahan kognitif mengenal warna bisa timbul dikarenakan proses pembelajaran mengenal warna yang dilakukan oleh guru kepada anak-anak masih menggunakan lembar kerja yaitu mewarnai tanpa ada penjelasan konsep warna terlebih dahulu. Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas kegiatan menggambar terhadap kemampuan kognitif mengenal warna primer pada anak kelompok A. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Gotong Royong Kecamatan Genteng Surabaya yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tabel wilcoxon match pairs test dengan hasil analisis data tabel penolong wiloxon match pairs test dengan taraf 0,05% dan N=25 diperoleh harga Ttabel = 89. Hasil nilai Thitung lebih kecil dari Ttabel (0<89), hipotesis nol ditolak (H0) dan (Ha) diterima. Hasil penelitian ini disimpulkanbahwa adanya efektivitas kegiatan menggambar terhadap kemampuan kognitif mengenal warna primer pada anak kelompok A di TK Gotong Royong Kecamatan Genteng Surabaya.
Published
2018-12-06
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 468