Hubungan Outdoor Learning dengan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini

  • PRISTIANA DEWI ARISANTI
  • MALLEVI AGUSTIN NINGRUM

Abstract

Kecerdasan kinestetik merupakan kelebihan yang dimiliki seseorang lebih dari yang lainnya dalam mengolah gerakan motorik tubuhnya. Setiap upaya pengembangan keterampilan gerak dasar akan diiringi oleh upaya pengembangan kemampuan fisik anak melalui berbagai macam aktivitas olah tubuh. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di TK gugus II Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya ditemukan bahwa terdapat beberapa anak yang masih pasif dalam melakukan aktivitas olah tubuh. Anak kurang begitu bebas bergerak karena ruang kelas yang tidak begitu luas. Kendala tersebut membuat kecerdasan kinestetik anak menjadi kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang hubungan outdoor learning dengan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Setya Harapan Surabaya sejumlah 40 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas kolmogorov-smirnov z kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji normalitas ditunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,392 > 0,05 (taraf signifikan 5%) sehingga data yang diperoleh dari kedua instrumen tersebut dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji korelasi antara dua variabel penelitian sebesar 0,596 > 0,312, menunjukkan bahwa diterima dan ditolak. Angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka hubungan dari kedua variabel signifikan, sedangkan arah korelasi dilihat dari koefisien korelasi menunjukkan hasil positif maka korelasi dari kedua variabel bersifat searah. Nilai sebesar 4,5892 > 2,02439 sehingga diterima dan ditolak. Adapun kontribusi yang diberikan oleh variabel independen terhadap perubahan variabel dependen sebesar 35,53%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif, signifikan, dan searah antara outdoor learning dengan kecerdasan kinestetik anak kelompok B di TK Setya Harapan Surabaya.

Kata Kunci: outdoor learning, kecerdasan kinestetik, anak usia dini.

Published
2018-12-06
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 191