Penerapan Permainan Loncat Karet Gelang Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B TK Islam Mutiara Surabaya

  • Chalimatus Sa’diyah

Abstract

The problem that is faced by TK Islam Mutiara Surabaya is low in competence in crude motoricof student of group B, that is identified 40% from 20 students only 8 students can do activity 1) jumpingby one foot using rope, 2) jumping by two feet using rope, 3) running and jumping. While 60% from 20students or 12 students cannot do those basic activity yet which motivate the teacher as observer to doobservation, as st ep improve learning process in development of crude motoric basic competence studentof group B TK Islam Mutiara Surabaya by using strategy which can stimulate basic activity of student’scrude motoric using Bracelet rubber game.The problem discussed in this research is weather bracelet rubber game can increase student’scrude motoric in group B TK Islam Mutiara Surabaya which has goal to describe weather braceletrubber game can increase student’s crude motoric in group B TK Islam Mutiara Surabaya.The type of this research is classroom action research which was doing in TK Islam MutiaraSurabaya by 2 cycles and every cycle is done through 2 meetings for 30 minutes. using collecting datamethod is observation method. In first cycle some students are not used to do bracelet rubber game sothat student’s crude motoric competence is not success yet. In first cycle second meeting student’s crudemotoric competence only 73% from all students, and in second cycle second meeting student’s crudemotoric competence increase become 91%.It can be conclude that learning by using bracelet rubber game can increase student’s crudemotoric competence of student in group B TK Islam Mutiara Surabaya. Suggestion is given to the teachershould prepare well before doing bracelet rubber game, as like warming up, and make sure that studentin good condition.

Keywords : Bracelet rubber game, Crude motoric competence

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi oleh TK Islam Mutiara Surabaya adala rendahnya kemampuanmotorik kasar anak kelompok B, hal ini teridentifikasi 40 % dari 20 jumlah anak hanya sekitar 8 anakyang mampu melakukan aktivitas 1) meloncat dengan satu kaki dengan rintangan tali, 2) meloncatdengan dua kaki dengan rintangan tali, 3) berlari dan meloncat Sedangkan 60% dari 20 anak yang hadiratau 12 orang anak masih belum mampu melakukan gerak dasar tersebut, yang kemudian memotivasiguru selaku peneliti untuk melakukan tindakan penelitian, sebagai upaya memperbaiki prosespembelajaran dalam bidang pengembangan kemampuan dasar motorik kasar anak kelompok B TK IslamMutiara dengan menggunakan strategi yang mampu merangsang gerak dasar motorik kasar anak denganmenggunakan permainan karet gelang.Rumusan masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah Apakah permainan meloncat dengankaret gelang dapat meningkatkan motorik kasar anak usia dini di TK B Islam Mutiara Surabaya, yangbertujuan untuk mendiskripsikan apakah permainan meloncat karet gelang dapat meningkatkankemampuan motorik kasar anak usia dini kelompok B di TK Islam MutiaraJenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di TK Islam Mutiaradengan 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan melalui 2 kali pertemuan selama 30 menit. Denganmetode pengumpulan data yang berupa metode observasi. Pada siklus pertama sebagian anak belumterbiasa dalam permainan loncat karet delang sehingga kemampuan motorik kasar anak belum berhasildengan baik. Pada siklus I pertemuan 2 kemampuan motorik kasar anak hanya mencapai 73% dari jumlahsemua anak, dan pada siklus kedua pertemuan 2 kemampuan motorik halus anak meningkat menjadi91%.

Kata kunci: Permainan loncat karet gelang, kemampuan motorik kasar

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 989