STUDI DESKRIPTIF PENANGANAN GURU MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN DALAM AKTIVITAS BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KARTINI BOJONEGORO

  • Nurul Ayu Lestari
  • NURHENTI DORLINA SIMATUPANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penanganan guru menumbuhkan kemandirian dalam aktivitas belajar anak usia 4-5 tahun di TK Kartini Bojonegoro.

Penelitian ini menggunakan penelitian kulaitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 guru yang mengajar di TK A dan TK B. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian data diuraikan dalam bentuk kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan proses guru dalam menumbuhkan kemandirian anak dalam aktivitas belajar yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil kemandirian yang diperoleh anak. Kemandirian yang diberikan oleh guru mampu menjadi bekal anak ketika mencapai usia dewasa. Jadi sosial emosional anak dapat berkembang dengan baik ketika kemandirian ditanamkan sejak usia dini. Penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk para orang tua, agar lebih mengetahui cara menanamkan kemandirian yang benar, karena orang tua memiliki pengaruh yang cukup besar dalam mendukung aspek perkembangan sosial emosional anak.

Kata Kunci : Penanganan guru, Kemandirian, Aktivitas belajar.

Published
2018-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 129