Pengaruh Tahapan Menggunting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Randuagung Gresik

  • FARADIAN NAFISA
  • SRI WIDAYATI

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh tahapan menggunting terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Randuagung Gresik yang dilatar belakangi oleh kemampuan menggunting anak yang masih perlu ditingkatkan sehingga peneliti memberikan tahapan menggunting dalam proses peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh tahapan menggunting terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Randuagung Gresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 yang berjumlah 23 anak dan A yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test yakni apabila nilai signifikansi Sig (2-tailed)< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi (p-value) = 0,000 < 0,05, ini berarti bahwa Hoditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan maka bahwa tahapan menggunting mempengaruhi kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Dharma wanita Persatuan Randuagung Gresik.

Kata kunci : Tahapan Menggunting, Motorik Halus.





Published
2018-12-31
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 1325