PENGARUH MEDIA PUZZLE ANGKA DUA KEPING TERHADAP KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK A1 USIA 4-5 TAHUN di TK IDHATA LABSCHOOL UNESA KETINTANG SURABAYA

  • SALOMO SELAK
  • MASUDAH

Abstract

Abstrak

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan kemampuan kognitif konsep bilangan anak kelompok A1 Usia 4-5 Tahun di TK Idaha labschool Unesa Ketintang Surabaya masih rendah, permasalahan tersebut dapat timbul karena kurangnya proses pembelajaran yang memberikan pengalam lansung kepada anak serta media yang kurang menarik. Solusi yang diberikan yaitu penggunaan media puzzle angka dua keping terhadap kemampuan kognitif konsep bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media puzzle angka dua keping terhadap kognitif mengenal konsep bilangan anak kelompok A1 di TK Idhata Labschool Unesa Ketintang Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experimental design, jenis penelitian One-Group Prestest and Post-Test. Subjek penelitian ini anak kelompok A1 di TK Idhata Labschool Unesa Ketintang Surabaya sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic non-parametrik uji jenjang bertanda wilcoxon yang menunjang pembuktian adanya pengaruh antar dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata skor sebelum treatment adalah 7,5 dan setelah treatmet adalah 10, 9. Hasil uji jenjang bertanda wilcoxon menunjukan Thitung adalah 0 dan Ttabel adalah 52 dengan taraf signifikansi 5%. Simpulan bahwa ada pengaruh media puzzle angka dua keping, terhadap kemampuan kognitif konsep bilangan pada anak kelompok A1di TK Idhata Labschool Unesa Ketintang Surabaya.

Kata Kunci: puzzle angka, kognitif konsep bilangan.






Published
2018-12-31
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 56