Implementasi Kegiatan Menulis Permulaan Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Dian Ceria Surabaya.

  • Intan Pertiwi Putri Darwanto
  • SRI SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, proses, dan bentuk latihan kegiatan menulis permulaan dalam menstimulasi kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Dian Ceria Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan mengenai kegiatan khusus menulis permulaan yang ada di Taman Kanak-kanak Dian Ceria Surabaya mulai dari bagaimana perencanaan pelaksanaan, proses pelaksanaan, dan bentuk latihan kegiatan menulis permulaan dalam menstimulasi kemampuan berbahasa anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Dian Ceria Surabaya. Dengan adanya kegiatan khusus menulis permulaan ini dapat mampu memberikan suatu pembelajaran yang benar-benar efektif dan mampu mengembangkan aspek perkembangan agar tercapai secara keseluruhan tujuan dari adanya kegiatan khusus menulis permulaan yang bertujuan untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak.

Kata Kunci: menulis permulaan, kemampuan berbahasa.

Abstract

This study aims to describe the planning, process, and form of training in beginning writing activities in stimulating childrens language skills. This research is a qualitative research with descriptive research. Analysis of the data used is the Miles and Huberman model. The technique of collecting data uses observation, interviews, and documentation. The subjects in this study were group B children’s of Kindergarten Dian Ceria Surabaya. The results of this study indicate that the special activities of writing the beginning of Kindergarten Dian Ceria in Surabaya started from how the planning of the implementation, the implementation process, and the form of preliminary writing exercises in stimulating the language skills of children in group B in Kindergarten Dian Ceria Surabaya. With the existence of special activities, writing this beginning can be able to provide a learning that is truly effective and able to develop aspects of development in order to achieve the overall objectives of the initial activities specifically writing which aims to stimulate childrens language skills.

Keywords: writing the beginning, language ability
Published
2019-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 63