MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR BERBENTUK WAYANG DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 39 KELOMPOK B KELURAHAN SEMOLOWARU KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA

  • suhartatik suhartatik

Abstract

Bercerita pada hakikatnya adalah meningkatkan kemampuan berbicara anak, perubahan basaha anak berkembang karena adanya usaha individu yang bersangkutan baik yang mencakup latihan secara rutin dan aktifitas yang sesuai kemampuan dan perkembangan anak. Pada umumnya anak TK masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berbicara, dan secara khusus kondisi tersebut salah satunya pengaruh dari rendahnya kreativitas guru dalam menentukan metode pembelajaran kepada anak.Dalam penelitian ini dapat di rumuskan masalah sebagai berikut : bagaimana cara menumbuhkan minat baca pada anak usia dini dengan menggunakan metode bercerita melalui media kartu kata bergambar berbentuk wayang ? dan bagaimana tingkat kemampuan membaca pada anak melalui metode pembelajaran bercerita dengan media kartu kata bergambar berbentuk wayang ?. Peneliti mempunyai tujuan sebagai berikut: untuk mengetahui sejauh mana minat baca anak usia dini, khususnya pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39, Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya dengan menggunakan metode bercerita melalui media kartu kata bergambar berbentuk wayang dan untu mengetahui tingkat kemampuan penguasaan pemahaman kosakata kata dalam membaca dengan metode bercerita melalui media kartu kata bergambar berbentuk wayang pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39, Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Kota SurabayaPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang meliputi dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berurutan yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi di kelas.Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa penerapan metode bercerita dengan wayang mengalami peningkatan kemampuan berbicara anak pada siklus I sebesar 71 % dan siklus II hasil yang di capai sebesar 89%. Perilaku yang ditunjukkkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin aktif. Sehingga dapat di simpulkan bahwa penerapan metode bercerita dengan kartu kata bergambar berbentuk wayang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Surabaya.

Kata Kunci : kemampuan membaca, metode bercerita

ABSTRACT

Story telling essentially is to improve children speaking ability, change in developing children language because there are both individual efforts that includes regular exercise, activities with appropriate children skills and development. Generally, children are still hard in developing speaking ability, particularly those conditions are one effect of low teachers creativities in determining the method of learning for children.In this research could be formulated such as: how was the way to improve the interest of reading ability for early childhood by utilizing story telling method through picture word card media shaped puppet? And how was the level of children reading ability through story telling learning method with picture word card media shaped puppet? The researcher purposes were to determine the extent interest of reading for early childhood, especially group B at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Semolowaru village Sukolilo sub district Surabaya city by utilizing storytelling method through picture word card media shaped puppet and to determine the ability level of vocabulary2comprehension in reading with storytelling method through picture word card media shaped puppet in group B at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Semolowaru village Sukolilo subdistrict Surabaya city.This research was utilizing Classroom Action Research which contains of two cycles. Each cycles was done continously consist of four steps such as: 1) planning, 2) action, 3) observation, 4) reflection. Research data was taken through observation at class.Based on research data analysis and discussion, there were gained result that the implementation of story telling method with puppet undergone improved of children speaking ability from cycle I amount 71% and cycle II reached 89%. The attitude was showed by children changed after being given action. Children were more pleasant and eager to follow learning activities. It could be concluded that the implementation of story telling method with picture word card shaped puppet able to increase children speaking ability for group B at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Surabaya.

Keywords: reading ability, storytelling ability

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 59