MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU GAMBAR PADA KELOMPOK A TK KEMALA BHAYANGKARI 8

  • Siti Sofiah

Abstract

Kemampuan membaca bagi anak usia saat ini sudah menjadi kebutuhan dan tuntutan berbagai pihak bagi orang tua maupun sekolah dasar. Oleh karena itu sejak TK. Kegiatan membaca permulaan sudah dilaksanakan hanya saja kegiatan bermain sambil belajar yang digunakan cenderung konvensional. Hal ini terjadi di TK Kemala Bhayangkari 8. Sehingga seringkali menimbulkan rasa bosa pada anak, semangat belajar kurang bagus, dan hasilnya kurang memuaskan.Tujuan penelitian adalah untuk : 1) untuk mendeskripsikan penerapan permainan kartu kata gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak, 2) Untuk mendeskripsikan penerapan permainan kartu kata gambar pada anak.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif berbentuk tindakan kelas dan dirancang dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (Action), pengamatan (Observation), dan refleksi (Reflection). Subyek penelitian adalah kelompok TK A Kemala Bhayangkari 8 Kec. Pakal Benowo Surabaya. Metode pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas anak selama proses pembelajaran, wawancara tentang kesan-kesan anak, dokumentasi berupa foto selama pembelajaran.Hasil analisis penelitian kemampuan membaca permulaan pada pra tindakan diperoleh 39%. Pada siklus I dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan, pada pertemuan I dan II diperoleh rata-rata 65% dengan kategori B, dan pada siklus II diperoleh rata-rata 89% terdapat kenaikan skor sebesar 24%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu kata bergambar dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Bagi guru TK disarankan agar pembelajaran lebih menyenangkan, tidak membosankan dan menarik minat anak, maka disarankan menggunakan permainan kartu kata bergambar.

Kata kunci : penerapan permainan kartu Bergambar, Membaca Permulaan.

INCREASE READING SKILL FOR CHILDREN TO PICTUREWORD CARD GAME APPLICATION OF GROUP AIN TK KEMALA BHAYANGKARI 8

ABSTRACT

Siti SofiahReading skill for early children has become a needs and demands of various parties for parents or elementary school. So that, since in the kindergarten beginning reading activities has implemented but learning whil playing activities that applied disposed conventional. This is happened Kemala Bhayangkari 8 . So, it often makes the children feel bored, the spirit of learning is nood good, and the results is not satisfied.The purpose of this research are : 1) To describe picture word card game application in increase the beginning reading skill of children, 2) To describe an increase in beginning reading skill by using word card game for children.The research method that used in this research is qualitative and quantitative classroom research and planned in 2 cycles, every cycle consist of 4 stages. Planning, action, observation and reflection. The subjects of his research is the children of Group A in TK Kemala Bhayangkari 8, Pakal, Benowo Surabaya. The data collection method is collected through the observation sheet of children activities during learning process, interview about the impression of children, picture documentation during learning process.The research analysis result of beginning reading skill before research is 39%. In cycle I implemented twice meeting, in the first and second meeting obtained an average of 65% in B category. And in cycle II obtained in average of 89% there is an increase about 24%.Based on the research result, it can be concluded that picture card game can increase beginning reading skill. For the teacher of kindergarten suggested that learning more fun, not boring and attract interest of children, it is advisable to use picture word game.

Keywords : Picture Card Game Application, Beginning Reading

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 14