Penanaman Disiplin pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik)

  • AYUN ROHMAH KUMALA
  • NUR IKA SARI RAKHMAWATI

Abstract

Disiplin menjadi salah satu nilai karakter yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini karena membantu anak untuk berperilaku tertib dan taat pada peraturan. Kenyataan di lapangan, terdapat permasalahan disiplin di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik yaitu sekolah yang memiliki aturan tertulis yang sama untuk dipatuhi seluruh anak, tetapi sikap disiplin yang terbentuk pada anak memiliki perbedaan. Permasalahan inilah yang menjadi dasar penelitian untuk mengetahui faktor yang menyebabkan sikap disiplin yang berbeda pada anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara menanamkan disiplin dan hasil penanganan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara guru menanamkan disiplin pada anak dengan menjelaskan alasan dibalik aturan, mengingatkan anak ketika lupa terhadap aturan, memberikan reward pada anak yang dapat bersikap lebih baik, memberikan konsekuensi pada anak yang tidak sesuai aturan dengan teguran atau hukuman, serta konsisten dalam melakukan kegiatan yang melatih kedisiplinan anak. Meskipun cara yang dilakukan guru sama, namun sikap disiplin anak berbeda-beda karena dipengaruhi oleh bentuk disiplin yang diterapkan orang tua di rumah. Apabila bentuk disiplin yang diterapkan di rumah dan di sekolah sama, anak menjadi lebih mudah dalam menyerap dan melakukan kegiatan yang mendukung penanaman sikap disiplin.

Kata Kunci: penanaman, disiplin, sikap


Published
2019-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 895