PENGEMBANGAN PERMAINAN SCRABBLE MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK

  • SURIYAWATI
  • RACHMA HASIBUAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk permainan scrabble modifikasi yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran mengenal kata pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B). Mengenal kata merupakan bagian dari penguasaan bahasa, tingkat pencapaian mengungkapkan bahasa yang sangat penting dikembangkan karena penguasaan kata dapat memperluas wawasannya tentang berbagai macam hal baru.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian adalah anak kelompok B TK DWP Sedapur Klagen, TK DWP Bengkelo Lor dengan, TK M NU 124 Al Ikhsan, TK DWP Delik Sumber dengan, TK DWP Kedungrukem, dan TK M NU 139 Darul Hikmah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil uji coba lapangan menyatakan bahwa permainan scrabble modifikasi sudah layak digunakan dan mendapatkan kategori tinggi berjumlah 0.89. sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan scrabble modifikasi sangat layak dan efektif digunakan untuk mengenalkan kata pada anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : mengenal kata, permainan scrabble modifikasi




Published
2019-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 608