PENGARUH KEGIATAN MERONCE MANIK-MANIK BERPOLA AB-BA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK A TK IT UTSMAN BIN AFFAN LAKARSANTRI SURABAYA

  • DIYANAH MASLIKHATIN NIKMAH
  • SRI SETYOWATI

Abstract

Abstrak
Data pengambilan penelitian dilakukan di TK IT Utsman Bin Affan yang dilatarbelakangi dari kemampuan berpikir logis anak kelompok masih kurang dan perlu dikembangkan.. Hal ini berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan pada 6 dan 11 Desember 2018 menunjukkan dari 15 anak dari 22 anak masih mengalami kesulitan dalam mengurutkan pola warna dan pola huruf yang ditentukan, karena pengenalan konsep pola dilakukan di LKA saja. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan meronce berpola AB-BA terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok A TK IT Utsman Bin Affan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasy eksperimental design dengan model none quivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah kelompok A di TK IT Utsman Bin Affan Lakarsantri yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 2 kelompok yaitu Al-Biruni sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 11 anak dan Ar-Razi sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu statistik non parametrik, karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Statistik non parametrik yang digunakan yaitu uji Mann Whitney U-Test dengan rumus Uhitung<Utabel, maka hasil hasil penelitian ini pengaruh antar dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dibandingan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Pengaruh kegiatan meronce berpola AB-BA terhadap kemampuen berpikir logis anak kelompok A TK IT Utsman Bin Affan pada kelompok eksperimen menunjukkan kenaikan skor rata-rata 7.3 poin dan kelompok kontrol mengalami kenaikan skor rata-rata sebesar 3.5 poin. Hal ini juga didukung dengan hasil analisis data menggunakan rumus mann whitney u test diperoleh harga U1=22 dan U2=97. Ini menunjukkan bahwa harga nilai U1 dari kelompok eksperimen lebih kecil daripada U2 dari kelompok kontrol, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci : Kegiatan Meronce Manik-manik, Kemampuan Berpikir Logis.
Abstract
The data collection was conducted on children of TK IT Utsman bin Affan. The subjects of this study were selected on the basis of having low logical thinking and aspire to develop. According to observations, that implemented in December 6th and 11 th 2018, showed that 15 out of 22 children were still having difficulty to sort the color and letter patterns as determined, because the introduction of this concept was only done in LKA. This study aimed to analyze the effect of meronce activities with AB-BA pattern on group A childrens logical thinking ability in TK IT Utsman bin Affan. This type of study is quantitative study by using a quasy-experimental study, with non-equivalent control group design. The study involved 22 participants which are grouped into two, namely: (1) Al Biruni, consisting of 11 children as an experimental group and (2) Ar Razi, consisting of 11 children as a control group. *Data collection techniques used observations and documentations*.The data was analyzed by using non-parametric statistics specifically Mann-Whitney U Test with formula U count < U table because the data was not normally distributed. The result of U test is used to compare different effects between two variables. The study resulted the experimental group having different effects compared to the control group which was not given treatment. Meronce activities with AB-BA pattern affcted group A childrens logical thinking. It can be seen that the experimental group got mean score to 7,3 point. While the control group got increased mean score to 3,5 point. The formula of Mann Whitney U Test also presented value of U1= 22 dan U2= 97. The smaller value of U1 of the experimental group means Ho rejected and Ha accepted.
Keywords: Meronce Activity, Logical Thinking Ability.
Published
2019-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 252