STUDI DESKRIPTIF AKTIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI TK PELITA PERMAI SAMBIKEREB SURABAYA

  • KRISTINA ENE KEU
  • NURUL KHOTIMAH

Abstract

Kepercayaan diri dimiliki oleh semua orang, kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh anak dalam pembelajaran sehingga dapat memotivasi anak untuk meraih prestasi dalam belajar. Bila seorang anak memiliki rasa kepercayaan diri yang kuat maka anak tersebut akan terhadap kemampuan diri sehingga akan menggali potensi diri untuk dapat dihargai, tidak hanya oleh dirinya tetapi juga oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran seberapa besar kepercayaan diri anak karena rasa percaya diri perlu terus didukung dan dikembangkan agar anak dapat menemukan jati dirinya. Jika tidak, anak yang kurang percaya diri akan semakin terkucil dan diasingkan. Kepercayaan diri pada anak dilatarbelakangi dengan pola asuh yang digunakan dimana dengan menggunakan pola asuh demokratis anak lebih percaya diri dalam melakukan suatu kegiatan.Penelitian ini menggunakan penelitian penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.Teknik observasi digunakan untuk melihat kepercayaan diri anak, wawancara digunakan untuk mendapatkan keterangan langsung tentang bagaimana kepercayaan diri anak sehari-hari dan dokumentasi untuk mendapatkan bukti-bukti yang jelas tentang kepercayaan diri anak. Dengan subyek penelitian anak kelompok A di TK Pelita Permai Sambikereb Surabaya yang berjumlah 2 orang anak yang belum memiliki kepercayaan diri dari 27 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Pelita Permai Sambikereb Surabaya adalah memberikan motivasi kepada anak, memberikan apresiasi kepada anak, mengajak anak untuk berkomunikasi dan memberikan tanggung jawab kepada anak yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri anak adalah kesulitan mengajak berkomunikasi anak yang memiliki kepercayaan diri yang rendah, anak masih malu-malu, belum bisa mewarnai, anak kurang percaya diri dalam menghubungkan gambar.

Kata Kunci : Kepercayaan diri, kelompok A

Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 184