PENGARUH MEDIA GEHO TERHADAP KOGNITIF ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI USIA 4-5 TAHUN

  • NURIL FITRIAH AZIZ
  • JULIANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media GEHO (GEOMETRY OF HOUSE) terhadap kemampuan kognitif anak mengenal bentuk geometri usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif anak khususnya dalam mengenal bentuk geomtri.Populasi penelitian ini adalah anak kelompok bermainyang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan Thitung >Ttabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka hasil data yang diperoleh dari nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan (pre-test) adalah 5,9 sedangkan nilai rata-rata sesudah diberi perlakuan (post-test) adalah 10,4. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih besar dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% (0,05) = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media GEHO (GEOMETRY OF HOUSE) berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak mengenal bentuk geometri usia 4-5 tahun. Peningkatan kemampuan kognitif tersebut terjadi karena kegiatan dilakukan secara berulang-ulang dan anak sudah mulai mengenal, menyebutkan, dan mengelompokkan bentuk geometri yang sebelumnya belum pernah mereka kerjakan.

Kata Kunci : kemampuan kognitif, GEHO

Abstract

This quantitative research aims to study the existence of the influence used of the GEHO (GEOMETRY OF HOUSE)media to skill of recognizing geometry forms of 4-5 years old. The research that cunducted was motivated by the lack of cognitive skill of the students on recognizing geometry forms.. The technique of data collection used observation and documentation technique while the technique of data analysis used table of Wilcoxon Match Pairs Test with Tcounted>Ttable. Based on the research that has been conducted, the result of pre-test was 5,9 and post-test was 10,4 in average. The result of data analysis indicated that Tcounted =0 less than Ttable with significance level 5% (0,05) = 0,05 so Ha was accepted and Ho was rejected. Thus, it could be concluded that GEHO (GEOMETRY OF HOUS)E media influenced to skill of recognizing geometry forms of 4-5 years old. The enhencement in skill of recognizing geometric shapes early childhood is the ability to mentions, shows, and classify objects on geometric shapes that they had never done before.

Keywords : cognitive skills, GEHO

Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 48