PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI TK LAB SCHOOL UNESA KETINTANG SURABAYA

  • SUFIAH AMALIAH
  • SRI SETYOWATI

Abstract

ABSTRACT

The Effects of busy board media to soft motoric skill of the childern aged 3-4 at KB Idhata State University of Surabaya

Name : Sufiah Amalia

NIM : 12010684021

Study program : S1/ PG PAUD

Faculty : Faculty Of Education

University : State University of Surabaya

Counselor : Dr. Sri Setyowati, S.Pd., M.Pd

This study aims to analyze and describe parents perceptions of gadget use in early childhood at the Idhata Kindergarten of Surabaya State University. The study population was 96 guardians of Kindergarten Idhata students at Surabaya State University, with 78 samples collected. The instrument used for collecting data in this study is a questionnaire.

The analytical method used is an analysis of descriptive statistics. The results of this study indicate that parents have a good perception of the use of gadgets, parents responses tend to be negative, namely the negative impact of gadget use on early childhood. There are two attitudes of parents, namely those who prohibit the use of gadgets and some who apply the use of gadgets with various preventive measures taken.

From this research, it was concluded that, on the aspects of understanding parents guardians in Kindergarten Idhata, Surabaya State University was known to have excellent knowledge and understanding of gadgets. This then led to a response that the more parents understand the use of gadget parents tend to form negative responses.

Then two attitudes were formed, one prohibiting the use of gadgets and on the other there also allowing the use of gadgets with all preventive measures such as time restrictions, internet access, applications and controls. This is done no other than to keep the use of gadgets not having a negative impact on early childhood development.

Keywords: perceptions of parents, gadgets, early childhood.


ABSTRAK

PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI TK IDHATA LABSCHOOL UNESA KETINTANG SURABAYA

Nama : Sufiah Amalia

NIM : 12010684021

Prodi / Jurusan : S1/ PG PAUD

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Sri Setyowati, S.Pd., M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia dini di TK Idhata Universitas Negeri Surabaya. Populasi penelitian ini adalah 96 orang wali murid TK Idhata Universitas Negeri Surabaya, dengan sampel yang dikumpulkan adalah sebanyak 78 sampel. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner.

Metode analisis yang digunakan yaitu analisais statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki persepsi pemahaman yang baik terkait penggunaan gadget, Tanggapan orang tua cenderung kearah negatif yaitu dampak negatif penggunaan gadget pada anak usia dini. Sikap orang tua ada dua yaitu ada yang melarang penggunaan gadget dan ada yang menerapkan penggunaan gadget dengan berbagai tindakan preventif yang dilakukan.

Dari penelitian ini kemudian di dapatkan kesimpulan bahwa, pada aspek pemahaman orang tua wali murid di TK Idhata Universitas Negeri Surabaya diketahui memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sangat baik terkait gadget. Hal ini kemudian memunculkan tanggapan bahwa semakin orang tua faham terhadap penggunaan gadget orang tua cenderung membentuk tanggapan yang negatif.

kemudian terbentuk dua sikap, satu melarang penggunaan gadget dan disisi lain ada juga memperkenankan penggunaan gadget dengan segala tindakan preventifnya seperti pembatasan waktu, akses internet, aplikasi dan pengontrolan. Hal ini dilakukan tidak lain adalah untuk menjaga agar penggunaan gadget tidak memberikan dampak negatif pada perkembangan anak usia dini.

Kata kunci : persepsi orang tua, gadget, anak usia dini.





Published
2019-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 2328