PENGGUNAAN ART AND CRAFT ACTIVITIES UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL (KEPERCAYAAN DIRI) ANAK DI TKIT AL-USWAH KOTA SURABAYA

  • RIHANUM MIHDA ROSYIDAH HABE
  • SRI SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Perkembangan sosial-emosional pada anak usia dini adalah kemampuan jalinan interaksi anak dengan lingkungan sekitarnya. Pada anak usia 4-6 tahun, salah satu perkembangan sosial-emosional yang dicapai adalah kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Art and Craft activities sebagai upaya pembelajaran kreatif dan inovatif di sekolah pada era revolusi pendidikan 4.0. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memotret bagaimana penggunaan Art and Craft activities di TKIT Al-Uswah untuk stimulasi kepercayaan diri pada anak. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles and Huberman mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga berujung pada verifikasi data. Melalui Art and Craft activities yang dideskripsikan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil karya menunjukkan kegiatan yang mampu menstimulasi kepercayaan diri anak di TKIT Al-Uswah Ngagel Jaya Tengah Kota Surabaya. Kegiatan yang menyenangkan dan eksploratif serta motivasi dari guru yang kreatif memberikan stimulasi yang baik untuk anak.

Kata kunci: Art and Craft activities, kepercayaan diri

Abstract

Social-emotional development in early childhood is the ability of the interaction between children and the surrounding environment. In children aged 4-6 years, one of the social-emotional developments achieved is self-confidence. This study aims to describe the use of Art and Craft activities as an effort of creative and innovative learning in era of education revolution 4.0. The research approach used is descriptive qualitative which aims to describe and photograph how to use Art and Craft activities at TKIT Al-Uswah to stimulate self-confidence in children. Data collection uses observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses models from Miles and Huberman ranging from collecting data, reduction data, display data, and verification. The data obtained are in the form of words and images that are analyzed descriptively. Through the Art and Craft activities described from planning, implementation, evaluation, and the results of the work showing activities that are able to stimulate childrens confidence in TKIT Al-Uswah Ngagel Jaya Tengah Surabaya. Fun and explorative activities and motivations from creative teachers provide good stimulation for children.

Keywords: Art and Craft activities, self confidence

Published
2019-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 1082