Pengaruh Permainan Congklak Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan permainan congklak modifikasi terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Idhata Unesa Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Quasy-Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Desain. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 anak di TK Idhata Unesa Surabaya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Mann Whitney U-Test, berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-Test diketahui asympt signifikansi sebesar 0,007 dimana nilai ini lebih kecil dari batas alpha signifikansi 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kenaikan perubahan nilai kemampuan mengenal lambang bilangan hasil postest terhadap hasil pretest (postest – pretest) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode permainan congklak modifikasi terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Idhata Unesa Surabaya.
PDF Downloads: 166