PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA VIDEO KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • DEWI NISAWATI
  • EKA CAHYA MAULIDIYAH

Abstract

Menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai anak usia dini, karena merupakan tahapan awal belajar bahasa. Kemampuan menyimak dapat dioptimalkan melalui berbagai kegiatan, media, ataupun metode, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media video kartun. Media video kartun menampilkan gambar yang lucu, suara yang beraneka ragam serta mimik yang menarik, sehingga dapat menarik perhatian anak dan mengembangkan daya konsentrasi anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari pemanfaatan media video kartun terhadap kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Utsman Bin Affan Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik non participant observation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan mann whitney u-test. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan yang signifikan dengan perolehan sebesar 10 dan sebesar 34 sehingga dapat diinterpretasikan jika < , maka ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pemanfaatan media video kartun berpengaruh terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK IT Utsman Bin Affan Surabaya.

Kata kunci : Kemampuan menyimak, media video kartun.

Published
2019-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 172