PENGARUH PAPAN PERMAINAN KATA (PAPERTA) TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 25 SURABAYA

  • ILAFI BARQI ACHMAD
  • RACHMA HASIBUAN

Abstract

Keterampilan berbahasa merupakan salah satu aspek yang memengaruhi kehidupan anak. Mengembangkan kemampuan berbahasa, salah satunya adalah dengan mengembangkan dan mengasah kemampuan keaksaraan. Kemampuan keaksaraan anak pada penelitian ini dikembangkan dan diasah dengan cara yang menyenangkan, yaitu bermain menggunakan papan permainan kata (paperta).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan sebelum dan setelah adanya penerapan papan permainan kata (paperta) dalam kegiatan pengembangan kemampuan keaksaraan anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya pemberian perlakuan diperoleh rata-rata 7,5 sedangkan sesudah adanya pemberian perlakuan diperoleh rata-rata 11,7. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon diperoleh T hitung = 0 dengan T tabel = 21 sehingga T hitung < T tabel, yaitu 0 < 21. Hal tersebut menjelaskan bahwa adanya pengaruh papan permainan kata (paperta) terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Surabaya.

Kata Kunci: papan permainan, paperta, keaksaraan.

Published
2019-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 173