PENGARUH MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN.

  • ROBBYATUL ADAWIYAH
  • NUR IKA SARI RAKHMAWATI

Abstract

Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang sangat penting untuk dikembangkan yaitu kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif dibagi 3 lingkup perkembangan yaitu belajar dan pemecahan masalah, berpikir simbolik dan berpikir logis. Mengenal bentuk geometri pada anak usia 4—5 tahun dapat dilakukan dengan cara menyebutkan bentuk geometri, menunjukkan bentuk geometri, dan mengelompokkan bentuk geometri. Berdasarkan hasil observasi anak masih kurang dalam mengenal bentuk geometri. Hal ini terlihat ketika anak-anak diminta untuk membedakan antara bentuk persegi dan persegi panjang. Sehingga peneliti menghadirkan media yang dapat mengatasi permasalahan tersebut dan menjawab sebuah tantangan revolusi industri 4.0 yang sekarang dihadapi oleh era pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media CAI terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis penelitian quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun berjumlah 75 anak terdiri dari RA Nur Rahmah dengan jumlah 38 anak, dan TK AR-Rosyidah dengan jumlah 37 anak. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Indikator penilain yang digunakan pada penelitian ini adalah menyebutkan bentuk geometri, menunjukkan bentuk geometri, menghubungkan bentuk geometri 2 dimensi dan 3 dimensi (benda- benda disekitar), dan mengelompokan benda-benda disekitar. Penggunaan media CAI yang digunkan untuk mengenal bnetuk geometri dilakukan 3 kali tahapan.

Berdasarkan hasil penelitian rata- rata sebelum perlakuan 10,77, sedangkan hasil penelitian rata-rata setelah perlakuan 12,66. Uji hipotesis melalui uji many-whitney diperoleh nilai sig = 0,000 < alpha (0,05) sehingga diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media CAI merupakan media yang lebih efektif digunakan sebagai proses pembelajaran mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.




Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 25