PENGARUH MEDIA MONORELI TERHADAP PEMAHAMAN DOA SEHARI –HARI PADA ANAK KELOMPOK A TK-IT NADA ASHOBAH SURABAYA

  • BELA AUDIA YUDANTIKA
  • MUHAMMAD REZA

Abstract

Kemampuan Nilai agama moral sangat penting dalam perkembangan anak. Anak akan mudah dalam melakukan kegiatan didalam kehidupan sehari-hari agar tidak dapat tergoyahkan dalam nilai dan norma yang melanggar aturan sehingga sangat penting dalam perkembangan nilai agama dan moral diberikan sejak usia dini. Dilatar belakangi oleh pemahaman doa sehari-hari pada anak sangat rendah, hal ini dikarenakan dalam memberikan pembelajaran pemahaman doa sehari-hari hanya digunakan sebagai acuan sebelum pembelajaran dimulai,sehingga peneliti memberikan kegiatan dalam pembelajaran yang dapat menstimulasi melalui media monoreli. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan adanya pengaruh media monoreli terhadap pemahaman doa sehari-hari anak kelompok A di TK IT Nada Ashobah Surabaya.

Penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK IT Nada Ashobah Surabaya dengan jumlah masing-masing kelas A1 15 anak, A2 sebanyak 15 anak. Desain ini menggunakan 2 kelompok dalam penelitian yang satu keompok diberi pretest, perlakuan, post test sedangkan pada kelompok lainnya hanya diberikan pretest dan post test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media monoreli dapat mengembangkan Pemahaman doa sehari-hari pada anak usia 5-6 tahun. Dari hasi penelitian tersebut, diperoleh skor total pre-test pada kelompok eksperimen dengan rata-rata 19,26 sedangkan pada kelompok kontrol skor pretest dengan rata-rata 17,800. Dan pada kegiatan post-test skor total yang diperoleh kelompok eskperimen rata-rata 26,66 sedangkan pada kelompok kontrol dengan rata-rata 22,86. Hasil perhitungan dengan menggunakan mann whitney u-test menunjukkan perolehan Uhitung sebesar 53 dan Utabel sebesar 56 sehingg dapat diinterprestasikan jika Uhitung < Utabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan adanya pengaruh media monoreli terhadap Pemahaman doa sehari-hari pada anak kelompok A. Pengaruh dalam media monoreli yaitu anak mampu melafalkan doa, memahami arti doa dan memaknai doa melalui media bercerita didalam media monoreli dan doa yang diberikan yaitu (doa sebelum makan, sesudah makan dan masuk kamar mandi.

Kata kunci : media monoreli, pemahaman Doa Sehari-hari

Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 21