PENGARUH MUSIK DAN GERAK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA KESIMAN MOJOKERTO

  • ARTIKA YULIASARI
  • SRI WIDAYATI

Abstract

Kemampuan motorik kasar sangat penting bagi anak usia dini. Salah satu kegiatan untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak adalah musik dan gerak. Berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Kesiman Mojokerto dalam kegiatan motorik kasar masih kurang. Hal ini terlihat ketika anak diminta untuk melompati tali yang diikat pada kursi masih banyak yang belum melakukan dengan tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh musik dan gerak terhadap kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experiment Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini menggunakan seluruh anak kelompok A di TK Dharma Wanita Kesiman Mojokerto dengan jumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Kegiatan musik dan gerak yang digunakan untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak dilakukan 4 kali perlakuan.

Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum perlakuan 5,77, sedangkan hasil penelitian rata-rata setelah perlakuan 9,55. Uji hipotesis melalui uji wilcoxon diperoleh nilai sig = 0,000 < alpha (0,05) sehingga diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan musik dan gerak berpengaruh positif terhadap motorik kasar sehingga gerakan anak menjadi lebih terarah dan harmonis mengikuti tempo dan ritme musik yang di dengarkan. Musik dan gerak juga dapat digunakan sebagai kegiatan yang lebih efektif untuk proses pembelajaran motorik kasar pada anak kelompok A.

Kata Kunci: Musik dan Gerak, Kemampuan Motorik Kasar.






Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 252