PENGARUH MEDIA PANGGUNG BONEKA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ADNI ISLAMIC ENGLISH SCHOOL SURABAYA

  • SISTYA DEVI APRILIANA
  • NURUL KHOTIMAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan ketika melakukan pengamatan observasi yang telah dilakukan di beberapa TK. Permasalahan yang ditemukan terdapat pada perkembangan bahasa khususnya keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media panggung boneka terhadap keterampilan berbicara anak.

Penelitian dengan judul “Pengaruh Media Panggung Boneka Terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Kelompok A di TK Adni Islamic English School Surabaya” ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun rancangan penelitianya adalah quasi experiment dengan jenis non equivalent control grub desaign. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji tanda Wilcoxon Match Pairs Test. Berdasarkan hasil dari uji Wilcoxon Signed Rank Test pada kelompok kontrol nilai Z yang didapat sebesar -2,758 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,006 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha. Pada kelompok eksperimen terdapat data hasil sebesar -3,311 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,001 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Data kelompok eksperimen memiliki rata-rata kenaikan selisih post test- pre test lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan panggung boneka berpengaruh pada keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Adni Islamic English School Surabaya.

Kata Kunci : media panggung boneka, keterampilan berbicara, kelompok A

Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 120