STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN KEGIATAN MODEL SENTRA DAN LINGKARAN DI SENTRA PERSIAPAN PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL KHALIFA DESA SELOREJO KECAMATAN MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG

  • Akhlushi Duryanti Nissa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Model Sentra dan lingkaran di Sentra Persiapan pada kelompok usia 4-5 tahun di TK Al Khalifa dan melihat hambatan yang terjadi pada penerapan pelaksanaan kegiatan Model sentra di Sentra Persiapan pada kelompok usia 4-5 tahun TK Al Khalifa. Penelitian ini dilakukan di kelas A TK Al Khalifa yang terletak di desa Selorejo kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang. Tepatnya Jl.Raya Selorejo No.112, Mojowarno Jombang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Melalui metode deskriptif, dapat dibuat gambaran mengenai pelaksanaan kegiatan model sentra dan lingkaran pada kelompok usia 4-5 tahun di TK Al Khalifa. Pengumpulan data-data yang diperlukan dengan beberapa metode. Metode yang digunakan tersebut adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil penelitian diperoleh diberikan dalam bentuk kesimpulan dan saran. Kesimpulan yang dapat diberikan adalah bahwa TK Al Khalifa telah menerapkan model sentradan lingkaran, melalui kegiatan berupa pijakan-pijakan yang dilakukan mulai penyambutan anak sampai dengan penutupan telah sesuai dengan ciri-ciri model sentra yakni Pembelajarannya berpusat pada anak, Menempatkan setting lingkungan main sebagai pijakan awal yang penting, Memberikan dukungan penuh kepada setiap anak untuk aktif, kreatif, dan berani mengambil keputusan sendiri, Peran pendidik sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator, Kegiatan anak berpusat di sentra-sentra main berfungsi sebagai pusat minat, Memiliki standart prosedur operasional (SPO) yang baku (baik di sentra maupun saat dilapangan), Pemberian pijakan sebelum dan setelah anak bermain dilakukan dalam posisii duduk melingkar (dalam lingkaran) dilakukan dengan cukup baik. Namun dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa hambatan berupa strategi pendidik yang belum memaksimalkan media yang terdapat pada lingkungan sekitar TK pada saat kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan pelaksanaan kegiatan model sentradan lingkaran di Sentra Persiapan di TK Al Khalifa yang digunakan pada kelompok usia 4-5 tahun dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pendidik, dan peneliti. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyarankan agar dapat dilakukan penelitian yang lebih mendalam untuk selanjutnya sehingga dapat lebih memahami pelaksanaan kegiatan menggunakan model sentra dan lingkaran khususnya pada kelompok usia 4-5 tahun serta dapat diterapkan di kehidupan bermasyarakat.

Kata kunci : Model sentra, TK Al Khalifa.

Abstract

This research aim to describe the central and circle model activity implementation to group age 4-5 years at TK AL KHALIFA that located at selorejo village sub district Mojowarno district Jombang. Precisely at Jl.Raya Selorejo No.112, Mojowarno Jombang. Research model that applied in this research is descriptive method. Through descriptive method, it can be made description concerning to central and circle model activity implementation to group age 4-5 years at TK AL KHALIFA. Data collection that needed applied by several method. Methods that applied are observation, interview, and documentation. Based on the research result that performed, research result that obtained presented in the form conclusion and suggestion. Conclusion that can be given are TK Al Khalifa have apply central and circle model, through activities like stepping that done starting from child welcoming until closing that have appropriated with central model features namely learning that centered on child, placed playing environment setting as an important early stepping, give full support to every child to active, creative and brave to make its own decision. The role of educator as facilitator, motivator, and evaluator, child activity that centered on playing centrals have function as interest central, have institutional operational procedure standard (both on central or on the field), the stepping distribution before and after child playing its performed on the round sit (on circle) have done well. However, on learning activity there are several problems like educator strategy that have not optimize the utilization of media that existed on surrounding environment during learning activity. Based those research results, so central and circle model activity implementation to group age 4-5 years at TK AL KHALIFA that performed to group age 4-5 years can be made as considerations for educator and researcher. Based on those matters, researcher suggest that there are more deeper research for the next so that it can more comprehend central and circle model activity implementation to group age 4-5 years which can be applied on society.

Keywords : central Model, TK Al Khalifa.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 8