PENGARUH PENGGUNAAN BALOK-BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 7 PADANGBANDUNG DUKUN GRESIK

  • Kartika Mayasari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan yang dapat muncul dengan adanya penggunaan balok-balok angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan balok-balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Padangbandung Dukun Gresik. Penggunaan balok-balok angka dan kemampuan mengenal lambang bilangan diukur menggunakan angket dengan metode rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Padangbandung. Sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi yang berjumlah 49 anak. Sedangkan analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS for Windows 17. Diperoleh hasil korelasi sebesar 0,788 dan dikonsultasikan dengan rtabel Product Moment. Berdasarkan rtabel jumlah sampel 49 dan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,281. Nilai rhitung > rtabel yaitu 0,788 > 0,281 maka koefisien korelasi yang diperoleh signifikan. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara penggunaan balok-balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Padangbandung Dukun Gresik.Disarankan untuk pembelajaran pada kegiatan mengenalkan lambang bilangan agar menggunakan balok-balok angka dengan memperhatikan tahapan-tahapan kemampuan anak. Disarankan pula bagi guru untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan balok-balok angka agar tidak terjadi kebosanan bagi anak begitu juga dalam mengenalkan angka, guru harus konsisten dan terus-menerus agar anak dapat mengurutkan lambang bilangan dengan tepat.

Kata kunci : balok-balok angka, lambang bilangan, Taman Kanak-Kanak

Abstract

The research was conducted based on the student’s ability to recognize numbers which can appear or can be improved by using Number Roods. Tha purpose of this research was to determine the influence of the use of number roods on the childrens’ ability to recognize numbers in the level A of TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Padangbandung Dukun Gresik. There was two kinds of variable in this research. They are independent and dependent variable. The use of number roods was the independent variable then the ability to recognize numbers was the dependent variable. They were measured by using a questionnaire with the rating scale method which had been tasted for validity and reliability.It was a correlation quantitative research. The population of this research was the childrens in the level A of TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Padangbandung Dukun Gresik. The sample was all population amounts it was 49 childerns.The data analysis used Pearson Product Moment using SPSS for Windows 17 program. The correlation value was 0,788. It was consulted with rtable which had got 49 childern as the sample and 5 significant level, it showed 0,281. The value rcount > rtable is 0,788 > 0,281. It means that the correlation was significant. Therefor, there was a significant correlation between the use of number roods with the ability to recognize numbers in the level A of TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Padangbandung Dukun Gresik.It was suggested to use number roods and focus on the childrens’ ability level in the process of numbers recognizing. For the teachers, it was also suggested to be able to create a joyful learning by using number roods in order to avoid a boring learning among the childrens. The teachers need to be consistent to introduce the numbers. They also need to do it continuously then the childrens can put the numbers in the right order.

Keywords : number roods, symbols number, kindergarten.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 1037