Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Rasa Percaya Diri Anak di TK Dharma Wanita Persatuan Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

  • Novita Cristy Rahayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap rasapercaya diri anak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Sampeldalam penenlitian ini sebanyak 33 anak kelompok A di TK Dharma Wanita Kalipadang Kecamatan Benjeng KabupatenGresik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan metode observasi, metode kuesioner, dan metodedokumentasi.Teknik uji persyaratan analisis dan uji Korelasi Product Moment. Uji korelasi menunjukkan bahwa r hitung>rtabel yakni 0,985>0,344 yang artinya menunjukkan pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode berceritaterhadap rasa percaya diri anak pada anak kelas A di TK Dharma Wanita Persatuan Kalipadang Kecamatan BenjengKabupaten Gresik.Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah penggunaan metode bercerita dapat divariasikan denganberbagai media dalam kegiatan belajar mengajar, dalam pemilihan cerita disesuaikan dengan tema pada rencanakegiatan harian serta karakteristik anak, anak yang belum mampu menunjukkan sikap toleransi ketika ada teman yangbercerita di depan kelas juga lebih diperhatikan dengan memberikan teknik bercerita selain yang peneliti gunakan dalampenelitian ini.

Kata Kunci: Rasa Percaya Diri, Metode Bercerita

ABSTRACT

This study aims to determine whether there is influence of the use of storytelling to the child's confidence.Research methods used in this study is the correlation of quantitative research. The sample in this penenlitian A groupof as many as 33 children in kindergarten Dharma Wanita Kalipadang District Benjeng Gresik regency.Techniques ofdata collection ie the method of observation, questionnaire method,and methods of documentation.Engineering test and analysis requirements Product Moment Correlation test. Correlation test showed that thecount r> r table ie 0.985> 0.344, which means showed significant relationship between the use of storytelling to thechild's confidence in children in the kindergarten class A Dharma Wanita Persatuan Kalipadang Benjeng GresikDistrict.Advice can be given by the researchers is the use of storytelling can be varied with a variety of media inteaching and learning activities, in the selection of stories tailored to the theme of the plan daily activities as well as thecharacteristics of the child, the child who has not been able to show tolerance when a friend who told me in front of theclass more observed by way of praise by the teacher, so that later to defend his opinion about the story was presented.

Keywords: Confidence, Storytelling Method

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 115