PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGGUNTING PADA PEMBELAJARAN DI TK KECAMATAN BUDURAN SIDOARJO

  • NURTINA IRSAD RUSDIANI
  • KARTIKA RINAKIT ADHE

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan buku panduan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Metode pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, implement, and Evaluate). Subjek uji coba penelitian ini yaitu: ahli materi, ahli media, guru TK di kecamatan Buduran Sidoarjo berjumlah 4, dan anak TK di kecamatan Buduran Sidoarjo berjumlah 20 Anak. Metode pengumpulan data menggunakan angket penelitian, dan observasi non partisipan.

Berdasarkan hasil analisis data bahwa: 1). Buku tahapan menggunting yang dikembangkan dapat terbukti sangat valid, hal ini ditunjukkan dari aspek media maupun materi yang disampaikan. 2). Hasil dari uji coba lapangan menunjukkan bahwa buku tahapan menggunting dalam hasil yang sangat baik. Berdasarkan pada analisis hasil perhitungan lembar penelitian angket sebesar 82%, ahli media mendapatkan persentase 100%, ahli materi mendapat persentase 100%, dan post-test kepada anak mendapat presentse 91,6%. Hasil tersebut dapat dikategorikan sangat baik sehingga layak dan efektif digunakan dalam pembelajaan menggunting di TK.

Kata kunci: pengembangan buku, tahapan menggunting, guru TK.

Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 1235